Ngajarin sesuatu atau benda sama Spider-boy biasanya lewat apa yang dia liat dan kalau pas kebetulan ada lagunya, gue nyanyiin tiap malem. Misalnya ketika pas ada pelangi, gue bilang itu namanya pelangi dan menyanyikan lagu “Pelangi-pelangi, alangkah indahmu…”. Meskipun dengan pelafalannya yang masih terbatas, ia menyebutnya dengan kata “Aih… aih…”.

Pun ketika awal-awal melihat cicak lagi ngerayap, gue nyanyiin lagu cicak di dinding, melihat bulan gue nyanyiin “Ambilkan bulan, Bu.” Kadang, tiap malem, gue main tebak lagu dan bersenandung menyanyikan nada lagunya, “Hem, hem, hem, hem… hem… hem, hem.” Lalu bertanya, “Itu lagu apa?” Dia sering berhasil menyebutkan judul lagunya.

Menyenandungkan Tik-tik-tik bunyi hujan, dia bakal jawab, “Dan… Dan! (Hujan! Hujan).”
Menyenandungkan lagu pelangi, dia bakal jawab, “Aih… aih..!”
Senandung lagu Ambilkan bulan, Bu, dia jawab, “An, buh!”
Lagu soundtrack Thomas dia paling inget dan menjawab cepat “Emas!”, senandungkan soundtrack Pororo dia sebut, “Owoh.. owoh…”

Sampai akhirnya, setiap hari kosa katanya makin bertambah. Ia sudah bisa menunjuk sambil bilang, “An! An!” Ketika melihat bulan. “Tap! Tap!” Saat melihat cicak. “Teta” waktu melihat kereta hingga pas tadi malam pulang kerja, gue yang lagi gak enak badan minta dikerokin istri karena masuk angin, kemudian dia nyeletuk, “Aih… aih…!” Kita sempet bingung karena di tv tak ada gambar atau apapun yang memperlihatkan pelangi dan gue menebak-nebak sebenernya apa yang mau dia ucapkan selain pelangi karena ada beberapa benda yang berbeda ia sebut dengan kata yang sama. Misalnya saat dia menyebut ‘satu’ atau ‘sepatu’ ia menyebutkannya sama-sama “Atu!”. Namun ketika dia menunjuk punggung gue, akhirnya gue ngerti bahwa yang dia maksud memang ingin mengatakan pelangi karena ia melihat lengkungan merah yang di matanya mungkin itu adalah pelangi meskipun lengkungan-lengkungannya (hasil kerokan) itu cuman ada satu warna: merah doang 😂😂😂. – with Nidya

View on Path

Tinggalkan Balasan

